Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

Minggu, 27 November 2016

Sekilas Tentang Kotaku




Bangkalan salah satu kabupaten yang ada di madura setelah sampang, pemekasan, sumenep. letaknya paling barat di ujung pulau madura. ada 18 kecamatan dengan 237 desa dan 8 kelurahan di pusat pemerintah di kabupaten bangkalan.banyak hal yang perlu di ketahui tentang kabupaten tempat kelahiranku ini, mulai dari asal usul namanya, sejarahnya dan budaya yang ada di sana. yang pertama perlu di ketahu adalah arti nama bangkalan ini.

Dari sumber yang ada bahwa nama bangkalan yang berasal dari "bangka" dan "laan" yang artinya "mati sudah". istilah nama ini di ambil dari kematian sang pemberontok sakti mandraguna yaitu ki lesap yang berhasil di bunuh raja bangkalan pangerang cangkraningrat V.

Dahulu kala ki selap mempunyai golok atau calok yang terkenal dengan kesaktiannya dan di beri namai KONDHI CRANCANG. senjata ini apabila di perintah oleh ki lasep ia akan bergerak sendiri dan akan membabat habis semua musuh-musuhnya begitu cerita orang orang tua terkaint dengan kesaktian sang tokoh legenda yang ada di bangkalan ini. sehingga untuk membunuh ki lasep ini pangerang cangkraningrat V membuat muslihat yang licik. ini detik detik kematian ki lesap.

Pada suatu malam pangerang cakraningrat V bermimpi supaya ki lesap di kirim seorang perempuan yang memegang bendera putih dengan maksud bahwa kerajaan madura menyerah. ke esok harinya tipu muslihat itu di gunakan oleh sang pengerang dengan seorang perempuan yang berpakai keraton serta di suruh memegang bendera putih tanda menyerah untuk menghadap pada ki lesap. tanpa berfikir panjang ki lesap pun menerima perempuan utusan itu dan membawahnya ke pesanggrahannya dengan keyakinan bahwa kerajaan madura akan jatuh ke tangannya.

Ketika ki lesap sedang asyik dengan perempuan yang berpakaian keraton di pesanggrahannya. tiba tiba pusaka kerajaan bangkalan yang di pegang turun -temurun yang oleh para pemangku kerajaan yang bernama KI NEGGOLO gemetar dan bersinar sinar mengeluarkan api, cakraningrat V bangkit dari tempat duduknya dan langsung mengambil tombok itu, lalu ia mengajak pasukannya untuk segera berangkat  berperang dan menumpas ki lesap yang sedang lengah. ki lesap pun terkejut dengan serangan yang tiba tiba ini dan ki lesap pun terbunuh di tikam oleh cangkraningrat V dengan tombok sakti KI NEGGOLO. raja cangkraningrat berseru" BANGKA LAAN yang artinya "sudah mati", dan di ikuti pula seruan itu oleh pasukannya. karena itu sebagai orang madura menyebut tempat itu dengan nama "BANGKALAN" . begitu cerita asa muasal tentang asal nama bangkalan yang saya ketahui. JAS MERAH kata bung karno.

BEBERAPA WISATA YANG ADA DI BANGKALAN

Perlu kalian tahu bahwa di kab bangkalan juga banyak berbagai wisata yang tersebar di sana loh. di antara yaitu;

Museum Cakraningrat yang menampilkan sejarah dan kebudayaan Madura. Selain itu terdapat pula komplek Makam Aermata merupakan makam para Adipati Cakraningrat, Bupati Madura Barat dan para kerabatnya, salah satunya adalah makam Kanjeng Ratu Ibu Sarifah Ambami, puteri Panembahan Renggo, keturunan ke 5 Sunan Giri.

Api tak kunjung padam terletak didesa Genteng, kecamatan Konang, berjarak tempuh 54 km atau paling lama 1,5 jam perjalanan dari ibukota Bangkalan. Terletak diantara jalan raya yang menghubungkan Bangkalan dan Sampang lewat jalur tengah dengan lebar jalan 6-8 km.Merupakan api asli yang keluar dari bumi yang mengandung mektan dan tak pernah padam serta tinggi semburan api mencapai 30 cm. Pada tahun 1963 pada waktu diselenggarakan pesta olahraga GANEFO api kaldronnya diambilkan dari sini.

Goa Bintang terletak di Desa Sembilangan, sebelah utara Kota Bangkalan. Goa ini alami dan perkirakan berhubungan dengan laut Jawa. Mulut goa membujur kea rah timur laut dan barat daya dengan ukuran 2x3 m. Untuk masuk kedalam goa dipergunakan tangga kayu yang tersedia dengan kedalaman 3,2 m.

Wana Wisata Gunung Geger terletak didepan Balai Desa Geger dan masuk dalam wilayah Desa Geger dan Desa Kampak, Kecamatan Geger yang berjarak kurang lebih 25 km dari Kota Bangkalan. Ketinggiannya 125 m di atas permukaan laut sehingga udaranya cukup sejuk.

Digunung Geger juga terdapat Petilasan Joko Thole, Makam Putri Kuning (RA. Tunjung Sekar). Dikaki Gunung juga terdapat sumber air yang digunakan sebagai sumber minum warga setempat dan PDAM.Untuk sampai ke puncak kita dapat berjalan kaki menaiki tangga yang jumlahnya sangat banyak dan cukup tinggi. Pada hari libur objek wisata ini ramai dikunjungi oleh wisatawan domestik yang ingin menikmati hawa pegunungan.

Pantai Maneron terlatak di Desa Maneron, Kecamatan Sepuluh disebelah utara ibukota Bangkalan yang berjarak tempuh 30km atau paling lama 30 menit perjalanan dari pusat kota Bangkalan. Pada malam hari kita dapat menikmati sinar dari obor pembuangan gas dari sumur minyak Taurus yang dikelola oleh Kodeco Energy yang hany berjarak 3 mil dari pantai Maneron.
Pantai Rongkang terletak di Desa Kwanyar Barat, Kecamatan Kwanyar yang mudah di jangkau dari Kota Bangkalan. Pantai ini hanya sekitar 50 meter dari jalan raya yang menghubungkan Kwanyar dan Labang.

Pantai Siring Kemuning, terletak di Desa Mecajah, Kecamatan Tanjung Bumi yang mudah di jangkau dari kota Bangkalan. Pantai ini terletak di sebelah utara Kabupaten Bangkalan dan menghadp ke Laut Jawa.Pantainya cukup landai dan pasirnya yang halus dan lebar serta gelombang yang cukup besar. Pantai ini mulai ditemukan dan dikembangkan pada tahun 1985.

Makam Muhammad Syaikhona Kholil
Wisata sejarah Makam Muhammad Syaikhona Kholil adalah sebuah makam seorang ulama besar Madura, salah satu guru dari KH. Hasyim Asy’ari, pendiri NU. Ia juga mewariskan perahu yang kabarnya masih dirawat dengan baik.

Wisata bersejarah Kuburan Aermata (Air Mata) ini terletak di Desa Buduran, Arosbaya, 11 km utara Kota Bangkalan, yang merupakan makam Raja-Raja Madura. Makam ini bertingkat-tingkat seperti kebanyakan kompleks makam raja-raja.

Mercusuar. objek wisata Mercusuar ini terletak di Ujung Piring, Kecamatan Socah, sekitar 7 km dari Bangkalan, tinggi 78 m, diresmikan Z.W Williem II pada 1879, untuk memandu kapal yang masuk ke Tanjung Perak. 

Itulah beberapa wisata yang ada di kabupaten bangkalan madura. jangan lupa mampir ke bangkalan kalau anda sedang ada di madura.

Sumber: Situs kepariwisataan kab bangkalan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar